DIGITAL STORAGE

  1. Pengertian Media Penyimpanan Data

Computer Data Storage (Penyimpanan Data Komputer) adalah media yang digunakan dengan fungsi untuk menyimpan berbagai macam data digital yang tersedia pada perangkat komputer dengan waktu tertentu sehingga dapat dibaca dan dibuka kembali untuk diproses ulang pada perangkat. Untuk saat ini Media penyimpanan Komputer terbagi menjadi 3 kategori, yaitu Media penyimpanan Magnetik (Magnetic Disk), Media Penyimpanan Optical (Optical Disk), dan Media Penyimpanan Awan (Cloud Storage). Dan selanjutnya akan saya bahas ketiga kategori tersebut secara detail, jenis-jenis dan juga contoh dari setiap kategori tersebut.

 

2. Perkembangan Media Penyimpanan Data

Berikut sejarah serta macam-macam jenis media penyimpanan yang pernah di kembangkan hingga saat ini:

  1. BATU

Media penyimpanan data, sebenarnya telah di kenal sejak jaman purbakala. Berbagai temuan-temuan yang di dapatkan saat ini, peninggalan-peninggalan purba dianataranya artevak-artevak serta tulisan-tulisan yang menyatakan sebuah kejadian, bahkan ramalan-ramalan yang di ukurkan di atas batu. Media penyimpanan telah ada sejak jaman purba dengan mengamati tulisan-tulisan dan gambar-gambar yang di simpan dalam media berbentuk batu.

  1. KERTAS

Media penyimpanan data yang berikutnya adalah kertas. Kertas pertama kali diciptakan oleh bangsa Cina. Tsai Lun adalah orang yang menemukan kertas yang dibuat dari bahan bambu yang mudah didapatkan di Cina pada tahun 101 Masehi. Dalam hal ini media penyimpanan kertas tergolong dalam penyimpanan manual.

 

Era teknologi :

Perkembangan media penyimpanan data (data storage) sejak komputer tercipta berubah sangat signifikan. Perbandingannya sangat mencolok, sebagai contoh data yang tersimpan dalam sebuah media penyimpanan sangat kecil, di bawah 4096 bits. Jika dikalkulasikan, 1 DVD setara dengan 90.000.000 punch card.

 

  1. Punch Card

 

Sejak tahun 1725 telah dirancang sebuah media untuk menyimpan data yang diperkenalkan oleh seorang tokoh bernama Basile Bouchon menggunakan sebuah kertas berforasi untuk menyimpan pola yang digunakan pada kain. Namun pertama kali dipatenkan untuk penyimpanan data sekitar 23 September 1884 oleh Herman Hollerith – sebuah penemuan yang digunakan lebih dari 100 tahun hingga pertengahan 1970. Contoh di sini adalah bagaimana sebuah punch card dapat berfungsi sebagai media penyimpanan, memiliki 90 kolom (90 column punch card), terjadi tahun 1972. Jumlah data yang tersimpan dalam media tersebut sangat kecil, dan fungsi utamanya bukanlah menyimpan data namun menyimpan pengaturan (setting) untuk mesin yang berbeda.

 

  1. Punch Tape

Seorang tokoh bernama Alexander Bain merupakan orang yang pertama kali mengetahui penggunaan paper tape yang biasanya digunakan untuk mesin faksimili dan mesin telegram (tahun 1846). Setiap baris tape menampilkan satu karakter, namun karena Anda dapat membuat fanfold dengan mudah maka dapat menyimpan beberapa data secara signifikan menggunakan punch tape dibandingkan dengan punch card.

 

  1. Selectron Tube

Pada tahun 1946 RCA mulai mengembagkan Selectron Tube yang merupakan awal format memori komputer dan Selectron Tube terbesar berukuran 10 inci yang dapat menyimpan 4096 bits Harga satu buah tabung sangat mahal dan umurnya sangat pendek di pasaran.

 

  1. Magnetic Tape

Pada tahun 1950-an magnetic tape telah digunakan pertama kali oleh IBM untuk menyimpan data. Saat sebuah rol magetic tape dapat menyimpan data setara dengan 10.000 punch card, membuat magnetic tape sangat populer sebagai cara menyimpan data komputer hingga pertengahan tahun 1980-an.

 

  1. Compact Cassette

Compact Cassette merupakan salah satu bagian dari Magnetic Tape, dikarenakan sudah banyak dari kita yang telah memilikinya, hal itu menjadi bagian yang khusus. Compact Cassette diperkenalkan oleh Philips pada tahun 1963, namun tidak sampai tahun 1970 menjadi populer. Komputer, seperti ZX Spectrum, Commodore 64 dan Amstrad CPC menggunakan kaset untuk menyimpan data. Standar 90 menit Compact Cassette dapat menyimpan sekitar 700kB hingga 1MB dari data tiap sisinya. Jika disetarakan dengan DVD, maka data dalam Compact Cassette dapat dijalankan selama 281 hari.

 

  1. Magnetic Drum

Magnetic Drum memiliki panjang 16 inci yang bekerja 12.500 putaran tiap menit. Media ini digunakan untuk menunjang komputer IBM 650 sekitar 10.000 karakter dari Memori Utama.

 

  1. Floppy Disk

Pada tahun 1969, floppy disk pertama kali diperkenalkan. Saat itu hanya bisa membaca (read-only), jadi ketika data tersimpan tidak dapat dimodifikasi maupun dihapus. Ukurannya 8 inch dan dapat menyimpan data sekitar 80kB. Empat tahun kemudian, floppy disk yang sama muncul dan dapat menyimpan data sebanyak 256kB. Selain itu, memiliki kemampuan dapat ditulis kembali (writeable). Perkembangan selanjutnya, pada tahun 1990 lahir disk dengan ukuran 3 inci yang dapat menyimpan data sekitar 250 MB, atau biasa disebut juga Zip disk.

 

  1. World’s first hard drive

Tanggal 13 September 1956, komputer IBM 305 RAMA dalam kondisi tidak terselubungi. Komputer tidak mengalami perubahan sejak dapat menyimpan data sekitar 4.4 MB (setara dengan 5 milyar karakter) – saat itu sudah menjadi hal yang menakjubkan. Data tersimpan dalam 50 buah Magnetic Diks yang berukuran 24 inci. Lebih dari 1000 sistim dibangun dan diproduksi pada akhir tahun 1961. IBM mengeluarkan seharga $3,200 per bulan untuk memproduksi komputer.

 

  1. Hard drive

Hard drive masih diproduksi di bawah pengembangan yang tetap (konstan). Hitachi Deskstar 7K yang Anda lihat pada gambar di bawah adalah hard drive pertama kali yang dapat menyimpan data 500GB setara dengan 120.000 World’s first hard drive IBM 305 RAMAC. Hal ini cenderung tiap tahun kita dapat memperoleh drive yang dapat menyimpan data secara cepat dengan harga murah.

 

  1. Laser Disk

Tahun 1958, Laser Disk ditemukan namun tidak sampai tahun 1972 untuk pertama kalinya Video Disk didemonstrasikan kepada publik. Enam tahun kemudian, yaitu tahun 1978, sudah tersedia di beberapa pasaran. Hal yang tidak mungkin menyimpan data pada disk, namun mereka dapat menyimpan data dalam bentuk video dan gambar secara signifikan dengan kualitas tinggi lebih canggih dari teknik pada VHS.

 

  1. Compact Disk

Compact disk muncul bermula dari penemuan Laser Disk, namun berukuran lebih kecil. Dikembangkan oleh kerjasama antara SONY dan Philips pada tahun 1979 dan Compact Disk sangat berlimpah di pasaran pada tahun 1982. Sekarang tipe CD dapat menyimpan data sebesar 700MB.

 

  1. DVD

DVD (Digital Versatile Disc atau Digital Video Disc) merupakan dasar dari CD menggunakan teknologi laser yang berbeda. Panjang gelombang laser menggunakan 780nm sinar inframerah (standar CD menggunakan 625 nm hingga 650nm sinar inframerah) yang membuatnya memungkinkan menyimpan data pada space yang sama. Dua lapisan DVD dapat menyimpan data sebesar 8.5 GB.

 

3. Media Penyimpanan Masa Depan

Ada beberapa media penyimpanan data modern seperti kartu memori (memory card), kita tidak memiliki hal semacam itu, namun dalam perkembangan masa depan ada kemungkinan me-launching Blu-Ray dan HD DVD – persaingan dua format sebagai pengganti compact disc yang dapat menyimpan data lebih banyak. Apa yang akan Anda ucapkan jika suatu saat memiliki Holographic Versatile Disc (HVD) yang dapat menyimpan data 160 kali lebih banyak dari Blu-Ray Disc. Kemampuan menyimpa data hingga 3.9 TB (Tera Byte) dalam sebuah disk atau secara dengan 4.600 – 11.900 jam menjalankan video menggunakan MPEG4.

 

  1. Macam-Macam Media Penyimpanan Data
  • Penyimpanan Magnetik (Magnetic Disk)

Penyimpanan Magnetik merupakan media penyimpanan yang termasuk ke dalam penyimpanan sekuder (secondary storage) yang paling banyak dipakai pada sistem komputer modern.

Kelebihan dan Kekurangan

  • Kelebihan : Kapasitas penyimpanan pada media ini lebih besar dari media penyimpanan lainnya bahkan sudah mencapai Petabyte dan Kecepatan akses datanya tinggi.
  • Kekurangan : Harganya lebih mahal jika dibandingkan dengan media penyimpanan lainnya.

Cara Kerja : (Hanya beberapa) Pada saat disk digunakan, motor drive berputar dengan kecepatan yang sangat tinggi. Ada sebuah read−write head yang ditempatkan di atas permukaan piringan tersebut. Permukaan disk terbagi atas beberapa track yang masih terbagi lagi menjadi beberapa sektor. Cakram fixed−head memiliki satu head untuk tiap−tiap track, sedangkan cakram moving−head (atau sering dikenal dengan nama cakram keras ) hanya memiliki satu head yang harus dipindah−pindahkan untuk mengakses dari satu track ke track yang lainnya.

 

 

  • DISKET

Pada tahun 1969, floppy disk pertama kali diperkenalkan. Saat itu hanya bisa membaca (read-only), jadi ketika data tersimpan tidak dapat dimodifikasi maupun dihapus. Ukurannya 8 inch dan dapat menyimpan data sekitar 80kB. Empat tahun kemudian, floppy disk yang sama muncul dan dapat menyimpan data sebanyak 256kB. Selain itu, memiliki kemampuan dapat ditulis kembali (writeable). Perkembangan selanjutnya, pada tahun 1990 lahir disk dengan ukuran 3 inci yang dapat menyimpan data sekitar 250 MB, atau biasa disebut juga Zip disk.

 

  • HARDDISK

Hard disk adalah jenis disk yang bersifat tetap, tidak perlu dikeluar-masukkan sebagaimana disket floppy. Umumnya terbuat dari bahan logam padu yang berbentuk piringan atau pelat. Sebuah hard disk biasanya terdiri dari lebih satu piringan atau lempengan yang dilapisi dengan oksida besi. Cara penyimpanan datanya hampir sama dengan disket floppy. Bahan hard disk yang keras dan kapasitas simpannya yang lebih besar, juga membedakannya dari disket floppy yang bahannya relatif elastis.

 

  • FLASHDISK

Flashdisk adalah piranti penyimpan dari floppy drive jenis lain dengan menggunakan kabel interface jenis USB (Universal Serial Bus). Flash drive ini bisa dibaca dan ditulis, sangat praktis dan ringan dengan ukuran berkisar 50 x 15 x 6 mm. Bahkan untuk saat ini, ukurannya semakin kecil dengan kapasitas yang jauh lebih besar, hingga mencapai 1 TB.

 

  • MEMORY CARD

Media penyimpanan yang banyak dipakai pada peralatan computer dan elektronik, seperti kamera digital, laptop, handphone, ipod serta video gam console

 

  • ZIP DRIVE

Merupakan media penyimpanan magnetic dengan head yang sangat kecil dan dapat menampung data hingga 750 MB. Format ini menjadi yang paling populer di antara produk-produk jenis super-floppy tetapi tidak pernah mencapai status standar untuk menggantikan floppy disk 3,5 inci. Kemudian, CD-RW menggantikan posisi disk Zip, dan perekam CD internal dan eksternal Zip-650 atau Zip-CD tersebut dijual dengan merek Zip.

 

  • Penyimpanan Optical (Optical Disk)

Penyimpanan optical adalah media yang menyimpan data komputer yang dapat ditulis dan dibaca dengan menggunakan laser bertenaga rendah.

 

Kelebihan dan Kekurangan

  • Kelebihan : Beratnya lebih ringan dari beberapa media penyimanan Magnetic Disk.
  • Kekurangan : Kapasitas memorinya lebih kecil dari Magnetic Disk dan Jika tergores maka resikonya data tidak akan terbaca.

Cara Kerja : Media penyimpanan tersebut berputar dengan sangat kencang (putaran tersebut mempengaruhi kecepatan transfer data) dengan membaca data melalui optik yang berada pada perangkat pembacanya.

 

 

  • CD

CD (compact disk) atau laser optical disk merupakan jenis piringan optik yang pertama kali muncul. Pembacaan dan penulisan data pada piringan ditangani melalui sinar laser. Oleh karena itu kecepatan akses piringan optis jauh lebih tinggi daripada disket. Di pasaran terdapat sedikitnya tiga macam piringan optik berbeda yang ditawarkan sesuai dengan kebutuhan, yaitu CD-ROM, CD-WORM, dan CD-Rewriteable.

 

  • CD-ROM

Dewasa ini compact disk (CD) banyak dipakai untuk media penyimpanan data. CD yang dipakai untuk menyimpan data yang sifatnya read only atau hanya dapat dibaca, namanya dikenal dengan CD-ROM. Pada umumnya produk-produk CD-ROM merupakan suatu pangkalan data (database), yang pengoperasiannya memerlukan paling sedikit seperangkat personal komputer dengan hard disk, CD drive, dan printer bila diperlukan. Data yang disimpan pada CD-ROM dapat berupa teks, grafik, gambar dan sebagainya. CD-ROM sesuai untuk menyimpan informasi yang sifatnya statis seperti arsip, kamus, ensiklopedia dan sebagainya. Sebagai media penyimpan data, CD-ROM memiliki sejumlah keunggulan.

 

  • WORM

CD-WORM kepanjangan dari Write once read many dapat ditulisi melalui komputer. Sesuai dengan namanya, perekaman hanya bissa dilakukan sekali. Sesuda perekaman, isinya tidak dapat diubah. CD ini berguna untuk menyimpan dokumen, rancangan gambar, lagu dan lain-lain yang dimaksudkan sebagai cadangan. CD ini sering dijual dengan label CD-R atau CD-Recordable.

 

  • CD-RW (compact disk rewiteable)

CD-RW Drive menggunakan sinar laser merah untuk menulis informasi dari komputer ke merekam discs, baik CD-R discs, yang tidak dapat dihapus, atau CD-RW discs, yang dapat terhapus dan tercatat sekitar 1000 kali.CD-RW drive yang digunakan untuk membuat CD audio, yang dapat diputar di hampir semua player, atau data discs, yang berguna untuk membuat cadangan atau mentransfer file.

 

  • DVD (Digital Video Disc)

DVD adalah generasi lanjutan dari teknologi penyimpanan dengan menggunakan media optical disc. DVD memiliki kapastias yang jauh lebih besar daripada CD-ROM biasa, yaitu mencapai 9 Gbytes. Teknologi DVD ini sekarang banyak dimanfaatkan secara luas oleh perusahaan musik dan film besar, sehingga menjadikannya sebagai produk elektronik yang paling diminati dalam kurun waktu 3 tahun sejak diperkenalkan pertama kali. Perkembangan teknologi DVD-ROM pun lebih cepat dibandingkan CD-ROM. 1x DVD-ROM memungkinkan rata-rata transfer data 1.321 MB/s dengan rata-rata burst transfer 12 MB/s.

 

  • Penyimpanan Awan (Cloud Storage)

Cloud Storage adalah layanan penyimpanan file di internet yang mana file yang disimpan disitu dapat dikelola dari mana saja selama penggunanya terhubung ke cloud storage tersebut melalui internet. Konsep cloud storage sama seperti konsep file server pada suatu kantor perusahaan, hanya saja infrastruktur media storage tersebut dikelola oleh provider cloud dan pemanfaatannya dijadikan layanan penyimpanan file yang dapat diakses dari internet. Sebenarnya cloud storage bukan layanan teknologi baru dalam dunia internet, sebelum trend cloud computing sepopuler saat ini, layanan cloud storage lebih dikenal dengan istilah virtual drive, namun memasuki era cloud computing ini istilah tersebut berubah menjadi lebih dikenal dengan sebutan cloud storage.

 

Kelebihan dan Kekurangan

  • Kelebihan : Tidak memerlukan perangkan untuk menyimpan data, kemudahan dalam melakukan akses pada data, tersedianya data cadangan dan pengarsipan, ditambah lagi dengan biaya yang lebih murah dibandingkan jika harus membeli perangkat keras khusus untuk penyimpanan data.

 

  • Kekurangan : Sering terjadi kesalahan pada server dengan resiko data akan hilang dan juga dikenakan akses koneksi data. Selain itu tentu saja karena sifatnya yang remote dan memerlukan koneksi internet untuk mengakses data, maka pemakai sangat tergantung pada bandwidth yang tersedia. Kegiatan sharing data dapat terganggu jika koneksi internet sangat lambat atau sedang tidak stabil.

Cara Kerja : Untuk dapat menyimpan data pada media ini kita diharuskan untuk mengunggah file tersebut dan untuk mengambil data kita harus mengunduh file tersebut.

 

Macam – macam cloud strage :

 

  • Dropbox

Dropbox adalah layanan penyedia data berbasis web yang dioperasikan oleh Dropbox, Inc . Dropbox memberikan kapasitas gratis sebesar 2 GB .

Keuntungan Dropbox adalah :

Dapat menggunakan system penyimpanan berjaringan yang memungkinkan pengguna menyimpan dan berbagai data serta berkas dengan pengguna lain di internet menggunakan sinkronisasi data.

 

  • Google Drive

Google Drive adalah layanan penyimpanan daring milik Google yang diluncurkan pada 24 April 2012.Google Drive memberikan kapasitas gratis sebesar 5 GB

Keuntungan Google Drive adalah :

  • Data yang tersimpan dapat dibuka dimana pun berada, sepanjang terhubung dengan jaringan internet
  • Sebagaimana penyimpanan di media online lainnya, jika unit komputer kita rusak/hilang, maka kita tidak akan kehilangan data tersebut.
  • Gratis pemakaian sampai 5GB
  • Dapat berbagi data dengan mudah dengan orang lain melalui jaringan email.

 

  • Sky Drive

Sky Drive adalah layanan cloud storage dari Microsoft. SkyDrive memberikan free space agak lebih besar dari layanan free cloud storage yag lain. Untuk layanan free nya SkyDrive memberikan space sebesar 7GB.

Keuntungan dari Sky Drive :

menyimpan data dari satu perangkat, lalu membukanya di perangkat lain. Simpan data pekerjaan dari PC di rumah, dan buka di tablet sesampainya di kantor, tanpa perlu membawa-bawa data dalam USBflash disk yang rentan rusak serta terserang virus.

 

  • Box

Box adalah salah satu cara termudah untuk mengelola sejumlah besar dalam dalam jangka waktu singkat . Box memberikan kapasitas gratis sebesar 5 GB

Keuntungan Box adalah :

Berbagi file penting, lihat Uprate ke spreadsheet anda langsung, komentar pada dokumen dimana saja.

 

  • SugarSync

SugarSync adalah layanan yang aktif sync file dikomputer dan perangkat lain untuk file , akses backup , sinkronisasi dan berbagi dari berbagai system operasi. SugarSync memberikan kapasitas gratis sebesar 5 GB.

 

  • iCloud

iCloud merupakan layanan komputasi awan untuk penyimpanan data yang ekslusif untuk iDevice atau produk-produk Apple seperti: iMac, Macbook, iPad, iPhone dan iPod Touch. Kemudahan integrasi dan sinkronisasi secara otomatis data-data seperti: Apps, iTunes, Photo Stream, Documents, iBooks, Contact, Mails dan lain-lain untuk seluruh iDevice Apple menjadi fitur yang diunggulkan di iCloud. Cukup dengan memasukkan Apple id diseluruh perangkat iDevice maka data-data di satu produk iDevice bisa diakses pada iDevice lainnya. Layanan iCloud bisa digunakan minimal pada seluruh iDevice dengan OSX lion 1.7.2 dan iOS 5 keatas.

Walaupun layanan iCloud sudah dibuka untuk umum, hingga saat ini hanya di platform Windows yang disediakan. Untuk menggunakan iCloud di Windows, membutuhkan OS Windows Vista Service Pack 2 atau Windows Seven.

Platform yang didukung: Mac, iOS, Windows, Web.
Kapasitas data gratis: 5 GB.

 

  • Amazon Cloud Drive

Sebuah layanan terbaru dari Amazon dan ikut meramaikan persaingan di komputasi awan, Amazon hadir dengan Amazon Cloud Drive. Walau terbilang baru, tetapi ACDrive (baca: Amazon Cloud Drive) cukup layak diperhitungkan didalam arena ini. Menyandang nama besar Amazon dan dengan dukungan layanan host data Amazon yang terkenal yaitu W3S tak pelak ACDrive bisa menjadi kuda hitam di dalam layanan komputasi awan. Mari kita tunggu pengembangan dari ACDrive selanjutnya.

Platform yang didukung: OSX 6.0 (snow leopard), 7.0 (lion), Windows Vista, Windows7, Web.
Kapasitas data gratis: 5 GB.

 

  • SPIDEROAK

Penyedia layanan penyimpanan awan selanjutnya adalah SpiderOak. Perusahaan SpiderOak mengklaim bahwa mereka mengenkripsi data para pengguna pada setiap langkah proses mulai dari upload data hingga finishing untuk download data. Namun, mereka tidak menyebutkan nama teknik enkripsi yang mereka gunakan untuk mengenkripsi data Anda.

Selain itu, SpiderOak juga mengklaim diri mereka sebagai penyedia cadangan Privacy Matters. Ini berarti bahwa bahkan para karyawan mereka tidak mengetahui tentang data dan isi dari akun para penggunanya. Semua data akan dienkripsi pada akhir pengguna yang berarti pengguna SpiderOak yang hanya dapat mendekripsi data dan tidak ada orang lain bahkan administrator SpiderOak sekalipun. Hal ini berarti bahwa SpiderOak tidak dapat membantu Anda dalam memulihkan data Anda, dalam hal apapun dan ketika Anda lupa password akun SpiderOak.

Tersedia untuk : Windows, Mac, Linux, Android, iOS.

 

  • IDRIVE

IDrive adalah layanan penyimpanan cloud dengan enkripsi dalam daftar ini. Jangan terpengaruh dengan huruof “I” dalam namanya karena IDrivetidak ada hubungannya dengan Apple atau produk-produknya.

IDrive memungkinkan Anda untuk mentransfer dan menyimpan data Anda dienkripsi menggunakan 256-bit AES algoritma enkripsi. Sesuai klaim mereka, data dienkripsi dengan sebuah password yang dihasilkan oleh pengguna.

Tersedia untuk : Windows, Mac, Android, iOS.

 

  • COMODO

Layanan cloud terakhir dalam daftar kali ini yang menawarkan fitur enkripsi adalah Comodo. Mendukung enkripsi data selama proses mentransfer data serta setelah menyimpan data.

Comodo menggunakan 256-bit SSL koneksi untuk mentransfer data dan algoritma enkripsi terkuat dalam industri cloud online. Namun, Comodo tidak menyebutkan jenis dan nama enkripsi yang mereka tawarkan ke para pengguna Comodo.

Tersedia untuk : Windows, Web, Android, iOS.

 

  • Microsoft OneDrive

Bisa dibilang Cloud Storage besutan Microsoft ini menyediakan kapasitas yang paling besar untuk versi gratisnya dan harga yang murah untuk tambahannya dibanding Cloud Storage lainnya.

 

  • Mozy

Mozy adalah keluar dengan aplikasi IOS baru yang bekerja dengan account layanan backup online gratis dan berbayar membiarkan pengguna menemukan foto, dokumen, dan data lain dari layar kecil dan membukanya, kirimkan bersama, atau bahkan mengirimkannya ke facebook.

 

Manfaat Cloud Storage

  • Kolaborasi

Berkolaborasi di sini diartikan sebagai bekerja secara bersama-sama, di lingkungan perkantoran, cloud storage dapat dimanfaatkan sebagai wadah untuk berkolaborasi antar sesama karyawan dimana dpt memanfaatkan cloud storage untuk saling bertukar pikiran dan ide. Sehingga, pekerjaan yang dilakukan dapat lebih efektif dan cepat selesai.

  • Back-up Data Penting

Kita seringkali menyimpan data-data penting kita di dalam pc, laptop, harddisk eksternal, maupun gadget lainnya. Namun pernahkah terpikir dalam benak Anda, bagaimana jika data tersebut hilang? Alat elektronik sangatlah rentan terhadap kerusakan. Belum lagi ancaman virus yang dapat merusak ataupun menghilangkan data kita. Dengan mengunggah data-data penting kita ke layanan cloud storage, kita tidak perlu khawatir lagi kehilangan data-data penting yang kita miliki. Sangat berguna bagi para eksekutif kantoran, mahasiswa (bahan-bahan skripsi hilang adalah kasus yang paling sering terjadi), maupun pelajar yang masih sekolah.

  • Alat Berbagi

Layanan cloud storage dapat kita gunakan untuk membagi file yang kita punya kepada orang lain. Fungsi yang sering kita temui di layanan file sharing seperti Mediafire maupun 4shared ini juga dapat dijumpai di cloud storage. Kelebihan nya lagi, cloud storage memiliki fungsi auto-synchronize yang tidak dimiliki oleh layanan file sharing sehingga kita tidak perlu repot-repot menggunggah file yang akan disebarkan.

 

Jenis-jenis Cloud storage :

  • Personal Cloud Storage

Atau dikenal sebagai mobile cloud storage, merupakan bagian dari public cloud storage yang digunakan untuk menyimpan data perorangan pada cloud dan menyediakan akses data tersebut dimanapun berada. Terdapat juga layanan sinkronisasi data dan sharing ke berbagai devices. Contohnya adalah Apple iCloud.

  • Public Cloud Storage

Yaitu dimana perusahaan menyewa penyedia layanan storage untuk menyediakan cloud storage dan mengatur keseluruhan data perusahaan pada cloud. Model public cloud storage ini cocok untuk jenis data yang tidak terstruktur. Contoh penyedia layanan public cloud storage adalah Simple Storage Service (S3) dari Amazon.

  • Private Cloud Storage

Suatu bentuk cloud storage dimana perusahaan dan penyedia layanan cloud berintegrasi dalam pusat data perusahaan. Penyedia layanan cloud membentuk suatu infrastruktur dalam pusat data perusahaan. Tujuannya adalah untuk meningkatkan keamanan dan kecepatan akses data, ditambah semua kelebihan cloud storage.

  • Hybrid Cloud Storage

Hybrid cloud storage adalah kombinasi dari public dan private cloud storage dimana data-data penting disimpan dalam private cloud perusahaan dan data-data lain dan arsip data disimpan serta diakses melalui public cloud storage pada penyedia layanan cloud.

 

4. Microsoft Office 365

Baru-baru ini Microsoft meluncurkan Office 365, sebuah produk berbasis cloud yang di dalamnya terdapat berbagai macam aplikasi perkantoran. Tentu saja Microsoft mengeluarkan produk ini bukan tanpa alasan, terlebih peluncurannya bersamaan dengan peluncuran Office 2013. Dengan harga sekitar 700 ribu-an per tahun, pengguna mendapatkan lima lisensi yang bisa dipakai baik di PC, tablet, maupun smartphone serta bonus faslitas skype gratis selama lima puluh jam per bulan, Microsoft mengharapkan Office 365 dapat mengurangi pembajakan produk mereka, Tentu saja menurut Microsoft harga tersebut sesuai dengan kualitas dan fasilitas yang ditawarkan. Tapi yang menjadi pertanyaannya sekarang, apakah masyarakat benar-bernar membutuhkan Office 365? Pertanyaan tersebut berlanjut dengan, sejauh mana masyarakat tahu Office 365? Seharusnya kedua pertanyaan tersebut harus dijawab oleh Microsoft sendiri.

Secara umum office 365  adalah Segala Sesuatu tentang Microsoft Office System dimana semuanya dapat terhubung dan dapet di akses / bekerja dengan office system dimana saja, tidak tergantung lagi pada lokasi. Dalam pendapat pribadi saya, Hal tersebut merupakan langkah besar dalam arah yang benar untuk solusi satu pint ke dalam sebuah host skenario di mana Anda tidak perlu mempertimbangkan hardware dan banyaknya pemeliharaan software dan hardware.

 

  • Manfaat dan kekurangan OFFICE 365

Extra tambahan fitur untuk gabungan SkyDrive adalah ide yang bagus dari Microsoft. Selain itu Office 365 juga akan lebih sering memiliki fitur baru karena sering menerima update daripada Office 2013. Bagi kamu yang sering kerja berpindah komputer, Office 365 adalah pilihan terbaik.

Namun dengan berpindah komputer, ini memiliki artian bahwa Office 365 perlu didownload lagi dan ini sepertinya akan membutuhkan waktu yang lama. Selain itu, jika Office 365 benar-benar tidak digunakan sesering mungkin. Orang akan berpikir dua kali untuk menyewa software yang sering tidak digunakan.

 

  • Kelebihan  Office 365

Microsoft (MSFT) akhirnya resmi merilis Office 365 versi beta. Berikut ini adalah 12 fitur keren dari Office 365 yang merupakan layanan berbasis cloud yang menggabungkan Office, SharePoint, Lync dan Exchange.

  • Easy Collaboration berguna untuk melakukan kolaborasi dengan mudah antar pengguna yang sudah menjadi teman mulai dari menerjakan tugas bersama sama atau melakukan komunikasi membahas suatu pekerjaan.
  • Document fidelity berguna untuk melakukan penyimpanan dokumen dengan mudah dengan dukungan layanan cloud sehingga dokumen yang disimpan dapat diakses dimanapun tanpa takut dokumen hilang meski tanpa media penyimpanan
  • Familiar tools adalah office 365 meski programnya sudah upgrade namun tombol atau tools nya masih sama seperti microsoft versi sebelumnya sehingga pengguna tidak sulit menggukan office 365 bahkan terkesan program ini mudah diakses.
  • Significant savings fungsinya adalah sebagai soluso perangkat keras yang hemat biaya, hemat energi dan mudah dikembangkan secara relevan.

Halaman admin yang powerful. Halaman admin yang simpel memungkinkan staf dengan mudah menangani pengguna dan layanan mengkonfigurasi Exchange, SharePoint dan Lync Online.

 

 

Menyelesaikan masalah sebelum memulai. Dengan fitur “service status”, staf IT dapat memonitor layanan Microsoft Office 365 untuk membantu mengisolasi berbagai masalah-masalah yang bersifat potensial.

 

 

Peralatan manajemen smartphone. Dengan ExchangeOnline ActiveSync, manajer-manajer IT dapat menciptakan peraturan-peraturan perangkat untuk meningkatkan kata sandi yang kuat dan mengontrol beberapa fitur perangkat keras dari smartphones.

 

 

Memungkinkan pengguna eksternal mengakses Sharepoint Online. Administrator bisa mengkonfigurasi SharePoint Online dengan beragam cara, seperti memberikan pilihan pada pemilik Team Site untuk mengundang pengguna-pengguna dari luar organisasi.

 

 

Fungsional Outlook yang kaya. Outlook Web Application (Aplikasi Web Outlook) menawarkan banyak fungsi yang beragam yang dapat ditemukan pada aplikasidesktop, termasuk akses right-click (klik kanan) untuk banyak fungsi.

 

 

Robust Calendar. Office 365 Outlook Web App tersedia robust calendar dan kemampuan penjadwalan yang tersedia pada desktop client.

 

 

Tetap berhubungan dengan kolega. Baik menggunakan Outlook desktop atau Web App, pengguna selalu dapat melihat status online dari rekan kerja mereka dan dengan segera meminta Lync Online untuk memulai sesi IM atau full meeting.

 

 

Document sharing yang canggih. Aplikasi-aplikasi Office Plus menyediakan beberapa pilihan yang jelas untuk berbagi dokumen yang adadi dalam SharePoint Online Team Site.

 

 

Editing dokumen yang powerful. Baik pada aplikasi revisi asli atau pada browser yang berbeda, peninjauan dokumen dan fungsi-fungsi editing bersifat sangat kuat.

 

 

Penulisan yang bersamaan. Office 365 melakukan sebuah pekerjaan yang cemerlang dimana menampilkan siapa yang menulis dokumen secara bersamaan dan perubahan spesifik apa yang dibuat penulis.

 

 

Sinkronisasi Offline-Online. SharePoint Workspace memungkinkan pengguna mengambil dokumen-dokumen offline dan kemudian

mensinkronisasi perubahan-perubahan ketika koneksi ke Office 365 tersedia.

 

 

Akses Smartphone. Office Hub pada perangkat Windows 7 memungkinkan pengguna mengakses library dokumen Team Sites dan bekerja dengan dokumen yang ada padasmartphone.

 

Cara penggunaan Microsoft Office 365

Pada dasarnya microsoft office 365 tampilannya sangat fleksibel yang mana bisa dilihat dimanapun mulai dari perangkat mobile, windows phone, android ataupun apple tapi tampilannya tidak memiliki perbedaan yang signifikan.

Untuk penggunaannya sendiri, microsoft office 365 dapat digunakan secara mudah oleh siapapun dimana setiap orang yang sudah mempunyai ID dan licensi  dari pembelian office 365 bisa juga mengakses office 365 pada perangkat lain bahkan diakses hingga 5 buah perangkat yang berbeda secara bersamaan. Dan perangkat yang sudah terinstall program office 365, penggunanya tinggal memasukkan ID dan password yang sudah ada.

 

Login Pada Office 365 UGM

  1. Login 365.ugm.ac.id

 

2. Fitur-fitur pada 365.ugm.ac.id

  • Home

  • Calender

  • Delve

  • Excel

  • Form

  • Newsfeed

  • One Drive

  • One Note

  • Outlook

  • People

  • Power Point

  • powerApps

  • Sharepoint

  • Sway

  • Tasks

  • Video

  • Word

  • Yammer

 

Referensi :

http://www.cloudindonesia.or.id/12-fitur-keren-office-365.html

http://www.levatra.com/2016/05/pengertian-macam-media-penyimpanan-data.html

http://killthat-rabbit.blogspot.co.id/2015/10/pengertian-dan-macam-macam-cloud-drive.html

http://wahyudimilanisti.blogspot.co.id/

Leave a Reply

Your email address will not be published.